Bagaimana cara mengetahui versi distro dan linux yang digunakan

Linux memiliki berbagai distro yang berbeda sesuai dengan tujuan yang dibuat, dan jumlahnya sangat banyak hingga saat ini. Untuk mengetahui distro apa dan versi mana yang akan digunakan di server Anda dapat dilakukan dengan membuka terminal dan ketik perintah berikut:

cat /etc/issue

Maka anda akan melihat hasilnya seperti ini:

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menggunakan perintah yang berbeda, mungkin tidak bekerja pada distro yang lain, tetapi itu pasti berfungsi pada distro Ubuntu. Sama seperti sebelumnya, buka terminal dan ketik berikut ini:

cat /etc/*release

Perintah ini akan memberi Anda sesuatu yang lebih rinci seperti pada tangkapan layar berikut, dan Anda dapat melihat bahwa Anda tidak hanya memiliki informasi rilis, tetapi Anda juga dapat melihat nama kode dan URL. Di Ubuntu kita juga dapat menggunakan perintah etc/os-release, tetapi di distro lain mungkin berbeda, misalnya pada redhat mungkin menggunakan perintah etc/redhat-release. Tetapi jika menggunakan tanda *, itu menandakan untuk semua distro, dan informasi yang muncul adalah tentang distro yang digunakan di komputer kita.

sedangkan untuk memeriksa versi distro yang Anda jalankan berbeda dengan versi kernel linux. Anda dapat dengan mudah melihat versi kernel dengan membuka terminal dan mengetik yang berikut ini:

uname -r

Perintah ini akan menghasilkan output berikut, di mana kita dapat melihat versi kernel yang digunakan adalah 3.13.0.

Jika kita hanya melihat versi kernel yang digunakan, dengan parameter -r, kita sekarang akan menggunakan parameter -a untuk melihat semua informasi. Ketikkan perintah berikut di terminal:

uname -a

Pada tangkapan layar di bawah ini, Anda dapat mengetahui bahwa komputer saya menjalankan versi Linux x86, yang artinya 64-bit.

Atau Anda juga dapat menggunakan uname -i, untuk melihat versi distro yang lebih tepat.

Author: Firdaussda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *